Apakah Lebih Baik Menyewa Atau Membeli Mobil Baru?Haruskah Anda menyewa mobil baru itu atau haruskah Anda membelinya? Ini bukan pertanyaan baru, tetapi perlambatan produksi, kekurangan inventaris, dan markup dealer telah mempersulit navigasi pilihan. Untuk satu hal, ada lebih sedikit mobil untuk disewa pada tahun 2022 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang berarti sewa lebih mahal, menegosiasikan salah satu keuntungan terbesar leasing yaitu dapat mengendarai kendaraan yang lebih bagus daripada yang Anda mampu jika Anda membiayai pembelian.

Apakah Lebih Baik Menyewa Atau Membeli Mobil Baru?

mobilmotor – Konon, masih ada kesepakatan yang bisa didapat, dan beberapa konsumen lebih memilih leasing. Kondisi pasar yang tidak normal juga tidak membuat pembelian konvensional menjadi mudah. Sementara pilihan pada akhirnya tergantung pada prioritas kendaraan dan daya beli Anda, pertanyaan mendasar tentang Menyewa versus Membeli tidak berubah. Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum menyewa atau membeli mobil baru.

Baca Juga : 10 Hal Teratas Yang Harus Dihindari Pengendara Sepeda Motor

Leasing: Sisi Baiknya

Karena kendaraan sewaan pada dasarnya disewa untuk jangka waktu terbatas, biasanya 36 bulan meskipun ada kesepakatan untuk persyaratan pinjaman lainnya, biaya bulanan lebih rendah daripada pembelian langsung. Dolar demi dolar, ini biasanya menjaring pengemudi kendaraan kelas atas daripada yang bisa mereka dapatkan dengan jumlah yang sama jika mereka membiayai seluruh biaya kendaraan. Ketika sewa selesai, pengemudi dapat membeli kendaraan untuk nilai sisa yang disepakati atau akan dijual, yang menutup sisa harga untuk lessor.

Seperti pembeli mobil, penyewa bertanggung jawab atas pajak dan pendaftaran kendaraan baru mereka, tetapi bagaimana pajaknya tergantung pada negara bagian. Sebagian besar negara bagian membebankan pajak penjualan hanya pada jumlah yang disusutkan dari kendaraan sewaan, sementara beberapa juga mengenakan pajak atas uang muka. Namun, seperti kendaraan yang dibeli, pajak penjualan dapat dibiayai dan disertakan dalam pembayaran bulanan. Sementara beberapa produsen mungkin menawarkan sewa zero-down, banyak perjanjian memerlukan uang muka untuk membuat pembayaran bulanan lebih terjangkau atau menyertakan biaya akuisisi wajib.

Karena sebagian besar kendaraan baru memiliki setidaknya tiga tahun cakupan garansi bumper to bumper, mobil sewaan menjanjikan mobil yang tidak merepotkan, dengan sedikit biaya tak terduga. Ketika saatnya untuk pindah, tidak ada tawar-menawar dengan penjual swasta atau kebutuhan untuk menjual mobil sendiri. Selain itu, penyewa serial dapat melakukan perjalanan baru setiap dua atau tiga tahun dengan gaya dan fitur terbaru. Ini mungkin sesuai dengan pelanggan yang membutuhkan solusi transportasi jangka pendek. Misalnya, minivan mungkin sesuai dengan gaya hidup keluarga saat anak-anak masih berada di kereta bayi dan kursi mobil, tetapi setelah perlengkapan anak dipensiunkan, sedan ramping atau SUV berkemampuan off-road mungkin lebih cocok.

Kelemahan dari leasing adalah Anda tidak mendapatkan ekuitas di dalam mobil. Ketika sewa selesai, Anda memiliki opsi untuk membeli, yang karena keadaan pasar saat ini menarik tetapi mungkin tidak selalu demikian. Juga, mengambil sewa setiap beberapa tahun menghasilkan siklus pembayaran tanpa akhir yang tentunya akan lebih mahal daripada membeli kendaraan dan menyimpannya selama satu dekade atau lebih. Ada juga batasan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan kendaraan Anda.

Berapa Miles Yang Dapat Anda Gunakan untuk Mobil Sewaan? Siapa Yang Bertanggung Jawab Untuk Pemeliharaan?

Kendaraan sewaan sering menyertakan layanan rutin dalam ketentuan perjanjian, yang dapat menghemat pembeli ratusan dolar dalam penggantian dan pemeliharaan oli. Tetapi perusahaan pembiayaan biasanya membatasi jarak tempuh kendaraan sewaan untuk mempertahankan nilai kendaraan mereka dan menjaga agar biaya tetap rendah. Setiap mil melebihi jumlah kontrak biasanya 10.000 mil akan ditambahkan ke tagihan akhir Anda. Sewa dengan 12.000 hingga 15.000 mil tersedia tetapi akan meningkatkan pembayaran bulanan, yang berarti bahwa pengemudi dengan perjalanan jauh atau sering berjalan-jalan di carpool mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk membeli daripada menyewa. Perpindahan, atau perubahan dalam keadaan perjalanan, juga dapat berarti biaya besar pada akhir masa sewa jika Anda melebihi batas.

Keausan adalah pengeluaran tersembunyi lainnya yang sering membuat pengemudi lengah. Konsumen mungkin dikenakan biaya untuk penyok, goresan cat, atau interior bernoda, jadi penting untuk menjaga agar kendaraan sewaan Anda tetap terlihat murni. Kustomisasi, yang populer untuk penggemar off-road dan performa, juga terlarang, dengan banyak perjanjian sewa yang mengharuskan penyesuaian apa pun dihapus sebelum waktu pengembalian sewa. Sementara sebagian besar kendaraan baru menyertakan jaminan bumper to bumper yang cukup lama untuk bertahan melalui sebagian besar sewa, penyewa masih bertanggung jawab atas pemeliharaan rutin. Beberapa merek (tetapi tidak semua) juga menyertakan perawatan rutin selama beberapa tahun dalam pembelian kendaraan baru, dan itu berlaku untuk penyewa.

Bagaimana Dengan Pembiayaan Mobil?

Membiayai mobil berarti pembeli membeli kendaraan mereka dengan mendapatkan pinjaman melalui bank atau kreditur lain yang akan diperpanjang selama jangka waktu tertentu dan memerlukan pembayaran bulanan yang mengarah pada prinsip (apa yang mereka berutang pada mobil) dan bunga. Bunga biasanya ditentukan oleh kelayakan kredit pembeli. Terkadang pabrikan mobil akan menawarkan persyaratan pembiayaan khusus, namun memenuhi syarat untuk insentif tersebut biasanya membutuhkan skor kredit yang sangat sehat. Pembeli juga memilih untuk memberikan uang muka yang besar pada mobil pada saat pembelian, yang menurunkan jumlah pinjaman dan karena itu bunga dan pembayaran bulanan. Banyak pembeli mobil menggunakan uang yang diterima untuk tukar tambah sebagai uang muka kendaraan baru mereka.

Saat ini, harga kendaraan bekas berada pada titik tertinggi dalam sejarah, yang membantu mengimbangi beberapa harga tinggi tahun 2022. Namun, Seiring meningkatnya biaya rata-rata kendaraan baru,pembeli beralih ke pinjaman jangka panjang untuk menurunkan pembayaran bulanan, dengan jangka waktu 72 dan 84 bulan menjadi lebih umum. Pinjaman mobil yang panjang itu berarti Anda akan membayar lebih banyak bunga dari waktu ke waktu dibandingkan dengan jangka waktu 48 atau 60 bulan. Hal ini menempatkan pembeli pada risiko berada di bawah air, yang berarti kendaraan mereka yang masih belum lunas nilainya kurang dari utangnya.

Ini adalah risiko yang sangat signifikan di tahun 2022, karena banyak kendaraan baru dan bekas yang terjual jauh di atas nilai historis atau MSRP. Nilai jual kembali kendaraan tersebut mungkin tidak akan bertahan juga jika inventaris dan harga turun kembali ke norma historis pada tahun 2024 atau setelahnya. Sementara dealer mungkin menaikkan harga Nissan Versa $20.000 menjadi $32.000 karena kekurangan inventaris, dalam lima tahun Versa yang sama kemungkinan bernilai sebagian kecil dari MSRP asli. Apa yang naik pada akhirnya akan turun kembali, dan ketika dihadapkan dengan markup sebesar itu, sewa adalah panggilan yang lebih baik.

Apa Yang Terjadi di Akhir Sewa? Bisakah Anda Mengakhiri Sewa Mobil Lebih Awal?

Perbedaan terbesar antara membeli dan menyewa kendaraan terletak pada kepemilikan. Pembeli membangun ekuitas dengan setiap pembayaran pinjaman dan memiliki opsi untuk menjual kendaraan mereka. Apa pun perbedaan antara harga jual dan pinjaman adalah milik mereka. Dengan sewa, pengemudi mengembalikan kendaraan ke perusahaan pembiayaan dan membayar biaya penyerahan tetap biasanya $350 sampai $500. Jika mereka ingin membelinya atau kendaraan baru, mereka harus membuat uang muka baru dan menyepakati jangka waktu pembayaran bulanan lainnya untuk kendaraan bekas berusia dua hingga tiga tahun. Pengemudi yang harus mengakhiri sewa sebelum waktunya mungkin kesulitan menemukan seseorang untuk mengambil alih sewa. Perusahaan pembiayaan tidak diwajibkan untuk menerima penghentian sewa lebih awal, dan bahkan jika seorang pengemudi dapat menemukan seseorang yang disetujui oleh perusahaan pembiayaan untuk menerima sewa yang tidak dijamin mereka dapat dikenakan penalti untuk penghentian sewa lebih awal.

Membuat Keputusan

Membeli kendaraan baru adalah salah satu keputusan finansial terbesar yang dibuat pembeli, dan menghitung pembayaran, pemeliharaan, dan nilai jual kembali sebelum menuju ke dealer akan membantu mencegah pengambilan keputusan yang impulsif atau emosional. Situs otomotif dan peminjaman, termasuk situs saudara kami, Forbes Advisor, menawarkan pembayaran sewa dan kalkulator pinjaman untuk membantu merencanakan seakurat mungkin. Juga tidak ada salahnya untuk berbicara dengan penasihat keuangan di bank atau serikat kredit Anda tentang pilihan Anda sebelum menuju ke lingkungan dealer yang berpotensi tekanan tinggi. Dalam jangka panjang, leasing adalah pilihan yang lebih mahal dibandingkan dengan membeli mobil dan mengendarainya, tetapi rekor harga tertinggi untuk kendaraan baru dan kekurangan kendaraan bekas dengan harga terjangkau adalah dua alasan bagus untuk mempertimbangkan kedua pilihan tersebut.

By mobilmo